Mengenal Beberapa Gejala Kanker Tiroid, Penyebab, dan Cara Mengobatinya

Kanker tiroid ini sendiri merupakan salah satu jenis kanker yang menyerang kelenjar tiroid. Kelenjar tiroid sendiri akan segeta menghasilkan hormon-hormon yang sangat penting bagi tubuh manusia. Salah satu fungsi kelenjar tiroid adalah mengatur laju pembakaran energi dalam tubuh. Kelenjar tiroid juga berfungsi membuat protein dan mengatur sensitivitas tubuh terhadap hormon lain. Mengetahui informasi mengenai kanker tiroid, seperti gejala, penyebab, dan pengobatannya. 

Selain itu, ini juga sangat penting sebagai salah satu cara mencegahnya terjadi. Setelah itu, Anda sebaiknya melakukan perubahan gaya hidup karena sekitar 80-90% penyakit kanker disebabkan oleh lingkungan pasien sendiri, sedangkan 5 hingga 10% disebabkan oleh faktor genetik atau keturunan. Marilah simak penjelasan gejala kanker tiroid, penyebab dan langkah pengobatannya berikut ini.

Gejala Kanker Tiroid

Kelenjar tiroid adalah penyakit berbahaya yang terletak di pangkal leher, tepat pada bagian bawah jakun dan di atas tulang dada. Bentuknya menyerupai kupu-kupu yang jika diganggu menimbulkan benjolan. Kanker tiroid ini juga biasanya tidak menimbulkan tanda atau gejala di awal penyakitnya. Namun ada beberapa kondisi yang menjadi ciri-ciri kanker tiroid yang sudah berkembang ini, yaitu:

  • Benjolan di leher ditandai dengan rasa keras, tidak mudah bergerak dan semakin lama semakin membesar.
  • Suara serak.
  • Sulit bernafas.
  • Pembengkakan kelenjar getah bening.
  • Sakit di leher dan tenggorokan.
  • Kesulitan menelan.
  • Batuk tapi bukan flu.

Penyebab Kanker Tiroid

Kanker tiroid merupakan jenis kanker yang paling sering terjadi pada sistem kelenjar penghasil hormon (Sistem Endokrin). Penyakit ini lebih sering menyerang wanita dibandingkan pria, dimana 90 persennya berasal dari sel folikel. Sedangkan penyebab kanker tiroid ada beberapa faktor, seperti:

  • Faktor makanan seperti kelebihan atau kekurangan yodium.
  • Paparan radiasi.
  • Sindrom genetik yang diwariskan. Beberapa kondisi, termasuk kanker ini akan berasal dari DNA yang telah diperoleh dari orang tua.

Jenis Kanker Tiroid

Seperti diketahui, kanker merupakan penyakit yang disebabkan oleh pertumbuhan sel-sel abnormal yang tidak terkendali. Pada kanker tiroid, sel kanker pertama kali dapat muncul pada sel penyusun kelenjar tiroid sehingga merusak fungsi kelenjar tersebut. Ada beberapa jenis kanker tiroid yang dibedakan berdasarkan area munculnya sel kanker. Jenis kanker tiroid menuruth ahli antara lainnya:

Kanker Tiroid Papiler

Tipe pertama adalah bentuk paling umum. Kanker tiroid papiler, juga dikenal sebagai karsinoma tiroid papiler, muncul dari sel-sel folikel, yang memproduksi dan menyimpan hormon tiroid. Kondisi ini bisa terjadi pada semua usia namun paling sering menyerang orang dengan usia 30-50 tahun.

Kanker Tiroid Folikular

Kanker tiroid folikular (adenokarsinoma folikular) adalah penyakit yang juga muncul dari sel-sel folikel tiroid. Penyakit yang satu ini juga biasanya menyerang orang yang berusia lebih dari 50 tahun. Kanker sel Hurthle adalah kanker tiroid folikuler yang sangat langka dan ini berpotensi lebih agresif.

Kanker Tiroid Anaplastik

Kanker tiroid anaplastik adalah jenis kanker tiroid Paling langka. Jenis ini tumbuh dengan cepat dan ini sangat sulit diobati. Biasanya kanker jenis ini terjadi pada orang dewasa berusia 60 tahun ke atas.

Kanker Tiroid Meduler

Kanker tiroid meduler adalah penyakit kanker yang dimulai pada sel tiroid yang disebut sel C, yang menghasilkan hormon kalsitonin. Peningkatan kadar kalsitonin dalam darah ini mengindikasikan kanker tiroid meduler pada tahap yang sangat awal. Sindrom genetik tertentu biasanya juga akan meningkatkan risiko kanker tiroid meduler, meskipun hubungan genetik juga sangat jarang terjadi.

Tipe Langka Lainnya

Jenis lain adalah jenis kanker lain yang langka yang bermula di tiroid, termasuk limfoma tiroid, yang bermula di sel sistem kekebalan tiroid, dan sarkoma tiroid, yang bermula di sel jaringan ikat tiroid.

Cara Mengobati Kanker Tiroid

Lantas, apakah kanker kelenjar tiroid ini adalah penyakit yang bisa diobati? Kanker tiroid ini juga biasanya sangat bisa diobati, meskipun Anda sudah berada pada stadium yang lebih lanjut. Jika memiliki nodul tiroid yang membesar ataupun tanda-tanda kanker tiroid lainnya, maka dokter Anda merekomendasikan prosedur deteksi terlebih dahulu seperti tes darah, biopsi, atau MRI, CT scan, dan pemindaian tomografi emisi positron (PET) untuk mendeteksi kanker tiroid dan penyebarannya.

Perawatan umum untuk kanker tiroid adalah pembedahan untuk mengangkat sebagian kelenjar tiroid atau seluruh kelenjar. Namun, operasi ini bergantung pada ukuran dan lokasi tumor. Dokter juga mengangkat kelenjar getah bening di sekitar tempat sel kanker. Jika tidak memungkinkan, pasien akan menjalani kemoterapi untuk membunuh sel dan menghentikan pertumbuhan kanker. Namun, sedikit pasien yang didiagnosis menderita kanker tiroid yang memerlukan kemoterapi.

Pengobatan penyakit yang menyerang kelenjar tiroid, seperti kanker tiroid, bisa juga dilakukan oleh dokter spesialis endokrinologi, dokter spesialis THT, atau bahkan dokter spesialis bedah onkologi. Segera temui dokter jika telah melihat salah satu gejalanya. Jangan pernah lupa untuk melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui secara lebih lanjut kondisi kesehatan Anda.

Demikian ulasan tentang Mengenal Beberapa Gejala Kanker Tiroid, Penyebab, dan Cara Mengobatinya seperti yang dilansir alexistogel login, semoga bermanfaat.